Cara Membuka Blacklist dari Gmail

Cara Membuka Blacklist dari Gmail

386
0
SHARE
url

Sering kali kita dibuat emosi ketika ada script jahat di server kita dan menggunakannya untuk mengirimkan ribuan email dari server kita secara terus menerus. Dampak buruknya bukan hanya mail server kita saja yang error. Tetapi, penyedia layanan email seperti gmail, yahoo, dll secara otomatis menempatkan kita pada daftar hitam (Blacklist).

Setelah ditelusuri, memang kejadian ini banyak menimpa para pemilik server. Bahkan google pun sudah menyediakan jawabannya ketika domain kita diblacklist. Bisa kita lihat disini https://support.google.com/a/answer/81126?hl=en

Berikut yang dapat saya jelaskan.

Google meminta kita untuk otentikasi dan menggunakan identitas yang valid. Agar google dapat mengidentifikasi siapa kita. Beberapa ketentuannya:

  1. Gunakan IP yang statis. Biasanya pengguna VPS atau dedicated server memiliki ini.
  2. Gunakan DNS record yang valid, dimana email ini benar-benar berasal dari domain kita.
  3. Pada pengiriman email secara masal, gunakan “From” yang sama.

Dibawah ini yang direkomendasikan oleh google:

  1. Gunakan DKIM
    Untuk menggunakan DKIM, Anda bisa bisa melihatnya di cPanel. Pada menu Email Authentication , kemudian klik enable. Jika tidak ada DKIM pada halaman Email Authentication, sebaiknya Anda melapor kepada penyedia hosting untuk meminta mengaktifkannya.
  2. Tambahkan SPF record
    Untuk menambahkan SPF Record sama seperti DKIM, Anda bisa bisa melihatnya di cPanel. Pada menu “Email Authentication”, kemudian klik enable.
  3. Tambahkan DMARC policy
    Buka cPanel, pilih menu Advanced DNS Zone Editor , kemudian tambahkan record berikut:

    Keterangan lebih lengkap bisa dilihat disini https://support.google.com/a/answer/2466563?hl=en

Jika Anda telah menggunakan autentikasi pada email Anda, akan terlihat seperti ini:
mail_180707_signed-and-mailed

Keterangan dari DMARC (Sumber: dmarc.org)

DMARC, yang merupakan singkatan dari “Domain-based Message Authentication, Reporting & Conformance“, adalah spesifikasi teknis yang dibuat oleh sekelompok organisasi yang ingin membantu mengurangi potensi penyalahgunaan email.

Standarisasi DMARC adalah bagaimana penerima email melakukan otentikasi email menggunakan SPF dan DKIM. Yang artinya, si pengirim akan mengirimkan otentikasi yang konsisten untuk email mereka di AOL, Gmail, Hotmail, Yahoo! dan penyedia email lainnya yang menerapkan DMARC.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY